Rabu, 22 Juli 2015

Mau Tahu Asal Usul Nama Pulau Derawan? Ini Kisahnya

Setiap daerah paling milik rekor, terutama nama-nama kawasan tertentu. Demikian pula dan nama-nama pulau pada Kabupaten Berau. Sebagian nama-nama pulau ini sekarang bukan lagi asing di telinga. Meskipun mungkin dominan orang yang mengamati pernah singgah menuju Pulau Derawan, Semama, Maratua, Sangalaki, Kakaban yang berada dalam Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, namun mereka telah sempat mendengar namanya. Kenyataannya nama Pulau Derawan.

Penamaan suatu lokasi biasanya bermula dari ciri-ciri tertentu, atau peristiwa besar yang pernah telah tersaji, berhasil serta dari nama seorang tokoh yang populer. Namun tak jarang, nama-nama ini diambil dari mitos warga setempat.

Nama Pulau Derawan pun datang dari hal mitos romantis, bukan tambah siapa yang yang awal kali mengisahkan kisah sedih tersebut. Semula kali saya mendengar kisah itu dari Ahmad Rifai yang saat itu menjabat ialah Perwakilan Bupati Berau. Meski selalu menentukan wajah serius, Ahmad Rifai tidak jarang melontarkan humor atau kisah-kisah menarik lainnya demi menghindari ketegangan dalam rapat-rapat yang dipimpinnya.

Di suatu kegiatan kedinasan bertema berwisata, Rifai sempat bercerita mengenai asal-usul nama Pulau Derawan. Meskipun ada beraneka baris kabar yang sama soal sejarah nama Pulau Derawan, tapi saat searching pada online, anda bukan akan menemukan kisah selengkap versi Ahmad Rifai. Seumpamanya tidak salah, isu tersebut disampaikannya di tahun 2012 selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar